Cara Kalibrasi Baterai HP Android Tanpa Root

Kalibrasi baterai Android merupakan suatu metode yang dilakukan untuk mengetahui apakah baterai pada suatu ponsel Android dalam keadaan normal atau rusak. Pada dasarnya, setiap ponsel Android memiliki fitur battery stats. Fitur ini berfungsi untuk memantau kapasitas status daya pada baterai, apakah masih dalam kondisi penuh atau kosong dan dinotasikan dalam bentuk persentase. Namun terkadang fitur tersebut rusak dan mulai menampilkan data yang tidak nyata.

Jika anda mulai menyadari bahwa kinerja serta durasi baterai pada ponsel Android mulai menurun, mungkin inilah saatnya bagi Anda untuk melakukan kalibrasi baterai ponsel Android. Dalam proses kalibrasi baterai harus dilakukan dengan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal, berikut cara kalibrasi baterai android tanpa root.

Cara Kalibrasi Baterai HP Android Tanpa Root

  1. Charge dahulu hp android anda dalam keadaan menyala hingga penuh 100%. Setelah baterai penuh, matikan hp android anda.
  2. Dalam keadaan mati, charge kembali hp android anda hingga penuh. Perhatikanlah indikator pengisian baterai seperti lampu LED yang apabila penuh akan berwarna hijau.
  3. Setelah baterai penuh, nyalakan hp android anda. Charge sekali lagi hingga 100%.
  4. Setelah baterai penuh kembali. Silahkan pakai untuk browsing, chatting, nonton video dan lainnya. Jangan charge dan biarkan hp android anda mati sendiri karena kehabisan baterai.
  5. Jika baterai telah habis, diamkan dahulu hp android anda sekitar 10 hingga 15 menit.
  6. Setelah sekitar 10-15 menit barulah charge hp android anda hingga penuh kembali. Jangan nyalakan sebelum penuh.
Jika proses tersebut dilakukan maka besar kemungkinan baterai yang tadinya kurang sehat atau tidak normal menjadi normal kembali.